Selasa, 16 Juni 2009

Manfaat Herbal Rumput Teki




Masalah menstruasi sering buat wanita jadi frustasi, kadang berbulan-bulan hanya datang sekali.sekali datang sakitnya tak terperih. banyak wanita membiarkan saja kondisi ini, pdahal di disekitar kita banyak tanaman yang bisa mengatasi.
Ilmu pengatahuan modern membuktikan, menstruasi terjadi akibat siklus hormonal yang terjadi pada tubuh perempuan.Darah Haid keluar bersama Endometium (lapisan rahim)yang luruh akibat turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron.Pada keadaan normal Haid datang setiap bulan.Namun jika siklus hormonal mengalami gangguan, dia bisa telat sampai enam bulan.


Menjelang menstruasi ,banyak wanita mengalami gejala perubahan emosi seperti gampang sedih ,gampang marah dan tak bersemangat.saat menstruasi pula banyak wanita merasakan nyeri sampai harus cuti kerja.Masalah menstruasi macm-macam tapi pangkalnya satu : gangguan hormonal.
Pada wanita pekerja di perkotaan,gangguan menstruasi adlah masalah yang lazim.ini sering terjadi pada mereka yang sering stres,kurang olahraga, asupan gizinya tak seimbang.semua masalah ini punya andil terhadap perubahan fisiologis,termasuk perubahan hormonal.Sekali siklus hormonal terganggu acara bulananpun jadi ikut terganggu.

obat dari pekarangan
Dalam konsep pengobatan tradisional cina,gangguan menstruasi terjadi akibat " panas" yang berlebihan.Hal itu terjadi akibat ketidak seimbangan Yin dan Yang didalam tubuh.olehkarenanya obatnya adlaha tanaman-tanamn yang mempunyai sifat mendinginkan.
Tak banyak yang menengok kekayaan obat tradisional kita,padahal kalau kita mengok ke halaman ki ta terdapat tanaman yang bisa membantu problem kewanitaan ini.Salah satunya adalah Rotundus (rumput teki).Bagian yang bisa digunakan adalah umbinya yang mengandung alkaloid,flavonoid,sineol,pinen,siperon,rotunal,siperol.

Dalam konsep pengobatan tradisional Cina, rumpt teki mempunyai sifat mendinginkan.Secara empiris teki digunakan oleh masyarakat Cina dan India sebagai obat peluruh haid.Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa secara tunggal 6-9 garam rimpang teki bisa membantu melancarkan ketidak teraturan siklus haid serta meringankan premenstual sindrome.
Selain sebagai obat khusus wanita, rumput teji juga bisa dipakai untuk meningatkan nafsu makan,mengobati diare,demam dan gangguan pencernaan.
beginilah cara pemakainnya:

Keringkan rimpang teki,blender atau tumbuk sampai halus.rebus 5-10 gram bubuk rimpang teki dengan dua gelas air hingga tersisa separuhnya.Dinginkan, saring lalu minum air rebusannya. lakukan ini 2 kali sehari pagi dan sore.Sebagaimana obat tradisional yang lain, minum rimpang rumput teki harus tetap hati-hati.meski tergolong aman kesehatan harus tetap dipantau.Jika muncul sesuatu yang tak beres segera perikasakan diri ke dokter.

15 Juni jam 19:05

1 komentar: